Rabu, 15 Februari 2012

TAMBANG PASIR BESI: IMMS investasi Rp2 triliun di Lumajang

Large_dsc_3907                        LUMAJANG: PT Indo Mining Modern Sejahtera memastikan akan tetap menginvestasikan dana sekitar Rp2 triliun guna melakukan proses usaha pertambangan dengan mengeksploitasi mineral pasir besi di sejumlah wilayah di Kabupaten Lumajang dengan target produksi 20.000 ton/hari.

Presiden Direktur PT IMMS, Lam Chong San mengatakan pihaknya masih tetap komitmen untuk masa tujuh tahun guna menginvestasikan dana Rp2 triliun tersebut seperti yang dilontarkan pada awal Januari 2010 lalu ketika melakukan pertemuan awal dengan pihak Pemkab Lumajang.

“Alokasi investasi itu [Rp2 triliun] secara bertahap selama tujuh tahun [2010-2016], persetujuan kuasa penambangan sudah IMMS miliki sejak 2010. Alokasi investasi  itu akan digunakan untuk penyediaan fasilitas produksi seperti mesin dan membangun pabrik pengolahan dan pemurnian serta penyediaan dermaga khusus,” kata Chong San kepada Bisnis, hari ini, (Rabu, 15/2).

Chong San atau biasa dipanggil Hasan itu menerangkan usaha pertambangan pasir besi yang akan dilakukan manajemen IMMS rencananya akan berbasis padat modal dengan secara bertahap menggunakan mesin pengolahan yang merupakan bagian dari pabrik pemurnian komoditas pasir
besi.

“Mesin-mesin pengolahan itu beberapa diantaranya telah berhasil didatangkan, road map manajemen akan ada 25 set mesin atau totalnya 50 unit mesin dimana satu mesin mampu berproduksi 3.500 ton per hari. Jadi targetnya bila semua mesin terpasang akan mencapai produksi
20.000 ton pasir besi per hari,” tegasnya.

Chong San mengakui hingga kini pihaknya masih berupaya untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat agar bisa menerima proses industri pertambangan pasir besi ini berbasis padat modal.

“Saat ini, manajemen masih melibatkan masyarakat dengan melakukan eksploitasi pasir besi berbasis padat karya [tenaga kerja manusia]. Namun produksi yang dihasilkan memang tidak secepat menggunakan mesin. Produksi dengan menggunakan kelompok pekerja itu kini mencapai 500 ton per hari,” ujarnya.

Bupati Lumajang, Sjahrazad Masdar menegaskan potensi mineral pasir besi di wilayahnya sangat besar, namun masih belum maksimal terkesploitasi guna memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat dan Pemkab Lumajang.

“Hasil survey geologi, potensi pasir besi mencapai luasan sekitar 12.500 hektare, saat ini sudah ada beberapa perusahaan baik BUMN seperti PT Aneka Tambang dan swasta murni seperti PT IMMS yang mengupayakan proses eksplorasi maupun eksploitasi. Harapannya bila eksploitasi sukses akan berdampak signifikan bagi Lumajang,” kata Masdar kepada Bisnis, hari ini, (Rabu, 15/2).(api)

2 komentar:

  1. Jika pasir besi terus-menerus diambil dengan jumlah yg besar, apa anda semua tidak memikirkan dampaknya bagi alam? tidak takutkah anda semua terhadap tsunami? anda diuji dengan kekayaan alam ini...mampu menjaga atau malah merusak?
    jujur saja saya tidak setuju dengan penambangan pasir besi ini.
    uang tidak lebih penting daripada nyawa orang banyak!!!!

    BalasHapus
  2. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 750.000
    5.ons Rp.2.500.000
    1.kg Rp 3.750.000
    5 kg Rp 10.000.000
    10 Kg Rp 17.500.000
    15,kg Rp.20,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.; 0812 4195 6724
    pin : 27BD397E
    adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli rt 016 rw 002,
    desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prov ; maluku utara.
    barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.setelah barang
    dikirim, kami akan berikan bukti resi pengirimannya.
    INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

    BalasHapus