Minggu, 12 Februari 2012

Ekspor Gas Tangguh ke Amerika Dialihkan untuk Domestik

Minggu, 12 Februari 2012 16:00 WIB    
JAKARTA--MICOM: Badan Pelaksana Hulu Minyak dan Gas siap mengalihkan seluruh volume ekspor gas alam cair Tangguh, Papua, ke Sempra, Amerika Serikat, sebanyak 3,7 juta ton per tahun ke pembeli domestik.

Juru Bicara BP Migas Gde Pradnyana di Jakarta, Minggu (12/2), mengatakan prinsipnya harga gas ke domestik mesti lebih baik dibandingkan Sempra, sehingga akan menambah penerimaan negara.

"Kalau memang ada pembeli domestik yang pasti mau membeli dengan harga bagus, kenapa tidak?" katanya.

Menurut dia, saat ini, Sempra membeli harga gas Tangguh sekitar US$7-9 per MMBTU. Kalau ditambah fee buat Sempra sebesar US$1 per MMBTU, pembeli domestik mesti membayar harga gas Tangguh sekitar US$8-10 per MMBTU.

Berbeda dengan ekspor LNG Tangguh ke Fujian, China, harga gas Tangguh ke Sempra mengikuti patokan Henry Hub, tanpa batas atas (ceiling price).

Sesuai kontrak, ekspor LNG Tangguh ke Sempra bisa dialihkan 50 persen dari 3,7 juta ton per tahun atau 1,85 juta ton per tahun ke pembeli lain dengan memberikan fee sekitar US$1 per MMBTU ke perusahaan asal AS tersebut sebagai kompensasi.

BP Migas sejauh ini sudah mengalihkan sebagian ekspor LNG Sempra ke pembeli lain di Jepang, India, dan Thailand. (Ant/OL-5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar