Senin, 27 Februari 2012

Gara-gara stagnasi bongkar muat, HARGA SEMEN di Balikpapan jadi mahal

Large_semen_sunda_kelapa-yay__2_
BALIKPAPAN: Adanya penumpukan penyelesaian proyek infrastruktur di akhir tahun dan stagnasi proses bongkar muat barang menyebabkan langka dan naiknya harga semen di Balikpapan pada akhir 2011.

Pemimpin Kantor Bank Indonesia Balikpapan Tutuk SH Cahyono menuturkan proses bongkar muat di Pelabuhan Semayang memerlukan waktu rata-rata 3 minggu.

"Begitu kapal sandar, barang langsung diserbu agen sehingga semen seperti menghilang di pasaran. Akibatnya harga ikut terkerek," ujarnya dalam konferensi pers hari ini.

Tutuk menambahkan pertumbuhan infrastruktur dan perumahan yang cukup pesat di Kaltim menjadikan kebutuhan semen meningkat. KBI Balikpapan mencatat pertumbuhan di sektor konstruksi/bangunan stabil pada kisaran 10,90%.

Namun, peningkatan kebutuhan tersebut belum diimbangi oleh pertumbuhan pengadaan semen karena pertumbuhan realisasi pengadaan semen di Kaltim terendah se-Kalimantan. Bahkan, pertumbuhan angka realisasi pengadaan semen di Kaltim hanya sebesar 9,60% atau lebih rendah dari angka pertumbuhan semen yang mencapai 9,66%.

Dia mengharapkan agar ada penambahan pasokan semen yang masuk ke Kaltim, khususnya Balikpapan. Adanya penambahan pasokan tersebut akan meminimalisir lonjakan harga akibat kelangkaan semen. (faa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar