Senin, 27 Februari 2012

PTBA Perpanjang Angkutan Batu Bara 20 Tahun

Hendra Gunawan | Edj | Senin, 12 Oktober 2009 | 18:27 WIB 
JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan PT Kereta Api memperpanjang kontrak angkutan batu bara hingga 20 tahun ke depan. Ditargetkan, selama satu tahun, PT KA akan mengangkut batu bara sebanyak 22,7 juta ton dengan nilai Rp 2 triliun-Rp 3 triliun.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatanganan perjanjian angkutan batu bara jangka panjang (long term coal transportation agreement) yang dilakukan oleh Dirut PT KA Ignasius Jonan dan Dirut PTBA Sukrisno di Jakarta, Senin (12/10).

Ignasius mengatakan, angkutan tersebut terdiri dari angkutan batu bara Tanjung Enim-Tarahan sebesar 20 juta ton dan Tanjung Enim-Kertapati 2,7 ton. "Kami sepakat untuk mendukung kepentingan penyediaan energi listrik secara nasional, baik dalam hal penyediaan batu bara, maupun transportasi angkutannya," kata Jonan.

Saat ini, untuk dua rute angkutan batu bara tersebut, PT KA baru bisa mengangkut sebanyak 12 juta ton, yaitu 10 juta ton untuk rute Tanjung Enim-Tarahan, dan 2 juta ton Tanjung Enim-Kertapati. Nilai angkut batu bara tersebut sebesar sekitar Rp 1 triliun. Disebutkan Jonan, besaran angkutan akan ditingkatkan secara bertahap mulai  2010.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar