Minggu, 12 Februari 2012

Bosowa Group Bangun Silo Packing Plant di Balikpapan

Penulis : Syahrul Karim
Minggu, 12 Februari 2012 19:30 WIB     
Bosowa Group Bangun Silo Packing Plant di Balikpapan                      BALIKPAPAN--MICOM: Bosowa Corporation melalui anak perusahaannya PT Sarana Teluk Sumber (STS) membangun pabrik pengepakan semen (silo packing plant) di kawasan Somber, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sebelumnya Bosowa juga telah membangunan pengepakan semen di Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur. Ini dilakukan untuk membantu mengatasi kelangkaan semen yang terjadi di Kalimantan Timur selama ini.

Presiden Direktur Bosowa Erwin Aksa mengatakan hadirnya pengepakan semen di Balikpapan diharapkan bisa membantu warga terkait kelangkaan semen di sejumlah kota. Apalagi kebutuhan semen di Balikpapan sangat tinggi.

Kebutuhan semen di Kalimantan Timur sekitar 1 juta ton setahun. Selain tingginya permintaan semen, pembangunan pabrik itu karena posisi Balikpapan sangat strategis.

Itu memudahkan armada kapal pengangkut semen curah Bosowa dari Makassar dapat mencapai Balikpapan hanya dalam waktu singkat dibandingkan daerah lain.

Pembangunan pabrik pengepakan semen itu menelan biaya sebesar Rp100 milliar. Sekitar 51 persen saham dikuasai oleh Bosowa Group, Balikpapan Ready Mix (BRM) Group sebesar 34 persen, dan Meranti Group 15 persen.

Dalam proyek tersebut Bosowa akan membangun 1 silo semen berkapasitas 5.000 ton ditambah 1 mesin pengepakan berkapasitas 150 ton per jam yang dipesan langsung dari Italia. Jadi, total kapasitas produksi pengepakan semen mencapai 300 ribu ton setiap tahun. (SY/OL-5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar