Minggu, 19 Februari 2012

PASOKAN GAS: PGN beli dari Indogas Kriya untuk jamin industri Jatim

Large_gas_lpg JAKARTA : PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk membeli gas dari PT Indogas Kriya Dwiguna (IKD) sebesar 20 miliar British thermal unit per hari (BBTUD) selama 2 tahun untuk memasok kebutuhan industri di Jawa Timur.

Penandatanganan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dilakukan hari ini oleh Direktur Keuangan PGN M. Riza Mochtar Pahlevi dan Direktur IKD Ivanna Laksmini Devi. Penandatanganan PJBG ini merupakan tindak lanjut dari Head of Agreement (HoA) yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup mengatakan pasokan gas sebesar 20 BBTUD tersebut berasal dari Lapangan Terang Sirasun Batur yang dioperasikan oleh Kangean Energy.

Gas itu akan dialirkan melalui jaringan pipa gas East Java Gas Pipeline dengan titik penyerahan gas pada metering/receiving station (M/RS) – Waru, Jawa Timur.

“Dengan kesepakatan ini, PGN berharap dapat tetap memenuhi kebutuhan konsumen industri di wilayah Jawa Timur. Kita ketahui bersama bahwa wilayah Jawa Timur sangat membutuhkan tambahan pasokan gas,” ujar Heri dalam keterangan pers,Jumat 17 Februari 2012.

Heri mengatakan meski sudah ada tambahan pasokan gas ini, namun PGN tetap menghimbau kepada konsumen industri agar tetap mentaati ketentuan untuk tidak melebihi pemakaian gas bumi sesuai kontrak.

“Kami berharap mereka [industri] dapat tetap berproduksi walaupun dengan keterbatasan yang ada,” ujarnya.

Menurut Heri, ke depannya PGN masih akan terus berupaya mencari pasokan-pasokan gas baru untuk memperkuat dan memenuhi kebutuhan gas bumi, baik di Jawa Timur khususnya maupun di wilayah lainnya.  (ea)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar