Rabu, 07 Maret 2012

Bengkulu terbitkan 100 izin eksplorasi tambang

Senin, 27 Februari 2012 10:29 WIB | 1721 Views
  Bengkulu (ANTARA News) - Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bengkulu telah menerbitkan 100 izin eksplorasi pertambangan di daerah itu, terutama tambang batubara.

"Ada 100 izin eksplorasi atau penelitian yang didominasi tambang batu bara karena potensinya yang paling besar," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu Karyamin di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan potensi batu bara terbesar terdapat di beberapa kabupaten dan kota terutama Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma, Lebong dan Kabupaten Mukomuko.

Potensi terbesar kata dia terdapat di Kabupaten Bengkulu Utara yang mencapai 300 juta ton.

"Berdasarkan peta potensi cadangan dan data singkapan yang diterbitkan tahun 1998 oleh direktorat geologi, potensi cadangan terbesar di Bengkulu Utara," tambahnya.

Sementara di Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat potensi 60 juta ton, Mukomuko 10 juta ton, Seluma 30 juta ton dan Lebong 3 juta ton.

Saat ini kata dia terdapat 15 perusahaan tambang yang berproduksi dengan penjualan mencapai 3,2 juta ton pada 2011.

Produksi terbesar dihasilkan PT Bukit Sunur dan Danau Mas Hitam yang mencapai rata-rata 20.000 ton per bulan.

"Tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 3,5 juta ton pengapalan, karena tergantung pada kondisi alur pelabuhan," tambahnya.

Terkait potensi tambang yang terdapat di dalam hutan produksi atau hutan lindung menurutnya harus mendapat izin dari Kementerian Kehutanan.

Termasuk proses penelitian atau eksplorasi tersebut, harus mendapat izin dari Menhut.

"Seperti kasus eksplorasi di kawasan hutan produksi PLG Seblat beberapa waktu lalu yang ditangkap polisi hutan karena tidak ada izin dari Kementerian Kehutanan,"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar