Selasa, 03 Januari 2012

Sungai Musi Meluap

MI.03 Januari 2012

SEKAYU--MICOM: Curah hujan yang melanda Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatra Selatan, membuat debit air Sungai Musi meninggi. Bahkan di kecamatan Sekayu, air sungai musi sudah menggenangi kebun karet warga dengan ketinggian 20-30 cm.

Sementara di desa Epil, Bailangu dan Lumpatan sejumlah rumah panggung milik warga mulai tergenang akibaat air hujan dan luapan sungai musi.

Nover, warga Sekayu mengaku kian waspada karena rumahnya meluai tergenang air. "Memang rumah kami panggung namun merasa takut juga jika luapan air sungai musi membawa binatang berbisa seperti ular. Warga juga takur jika ada buaya sungai yang nyasar," jelasnya, Selasa (3/1). Sedangkan kebun karet miliknya seluas dua hektare juga terendam sehingga dirinya tidak dapat berkebun. Ia berharap genangan air cepat surut karena kalau dibiarkan getah karet yang dihasilkan sedikit.

"Cuaca yang tidak menentu ini membuat kami serba salah. Penghasilan kami dari kebun karet terancam," keluhnya.

Sementara posko penanggulangan bencana berupa tenda besar sudah didirikan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk terjadinya bencana alam akibat pasangnya air sungai musi dan anak sungai lainnya.

"Kami terus mengimbau agar warga tetap waspada. Terutama yang tinggal di bantaran sungai. Kami juga siap melakukan langkah tanggap darurat dan menyiapkan sejumlah peralatan seperti perahu karet, tenda dan lainnya serta tim siaga bencana," ungkap Plt KabanKesbangpolinmas Kabupaten Muba Hendarsyah. (TT/OL-04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar