Rabu, 04 April 2012

Harga Emas Melorot ke Level Terendah sejak Januari

Erlangga Djumena | Jumat, 23 Maret 2012 | 09:38 WIB 

NEW YORK, KOMPAS.com — Harga kontrak emas melorot ke level terendah sejak Januari lalu pada perdagangan hari Kamis (22/3/2012) waktu setempat. Pada pukul 13.44 waktu New York, harga kontrak emas untuk pengantaran April turun 0,5 persen menjadi 1.642,50 dollar AS per troy ounce di Comex, New York.
Pada transaksi sebelumnya, kontrak yang sama berada di posisi 1.627,50 dollar AS per troy ounce, yang merupakan level terendah sejak 13 Januari lalu. Meski begitu, sepanjang tahun ini, harga emas sudah naik 4,8 persen.

Penurunan harga emas dipicu oleh adanya sejumlah sinyal perlambatan pertumbuhan ekonomi di China dan Jerman. Kondisi itu mendorong penguatan dollar AS sehingga memangkas permintaan emas.

Asal tahu saja, Standard & Poor's GSCI Index 24 komoditas turun 1,6 persen, sedangkan dollar AS menguat 0,4 persen terhadap enam mata uang utama dunia. "Lemahnya tingkat produksi di Asia dan Eropa mendorong penguatan dollar. Belakangan, dollar kian perkasa seiring penurunan harga emas," ungkap Bernard Dahdah, analis Natixis Commodity Markets Ltd.

Sementara itu, pedagang perhiasan di selatan dan timur Asia akan terus melakukan aksi mogok untuk memprotes tingginya pajak. Berdasarkan asosiasi perhiasan India, hampir setengah dari toko perhiasan di negara itu ditutup. (Barratut Taqiyyah/Kontan)
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar