Minggu, 12 Februari 2012

SEMEN GRESIK incar penjualan di Jatim naik 10%

Large_atk_1345                             SURABAYA: PT Semen Gresik Tbk tahun ini memproyeksikan kenaikan penjualan produk semen di wilayah Jawa Timur menjadi 4,4 juta ton atau naik 10% dibandingkan realisasi penjualan pada 2011 sebanyak 4 juta ton.

Permintaan terbesar semen di provinsi tersebut berasal dari sektor ritel, selain berkembangnya sektor properti dan infrastruktur.

Sementara Semen Gresik tahun ini tidak akan menaikkan harga jual produk semen yang kini di tingkat eceran berkisar Rp56.000 – Rp57.000 per zak ukuran 50 kg.

Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis Semen Gresik Erizal Bakar menyebutkan kontribusi pasar Jawa Timur mencapai 40% lebih terhadap total penjualan semen produksi BUMN tersebut secara nasional yang mencapai 10,2 juta ton pada 2011.

Realisasi penjualan semen sebanyak itu tidak termasuk penjualan PT Semen Padang dan PT Semen Tonasa yang merupakan Semen Gresik Group.

Menurut dia, pertumbuhan permintaan semen di dalam negeri tahun lalu sebesar 17,8% menjadi 48 juta ton juga diikuti meningkatnya penjualan Semen Gresik di Jawa Timur yang terealisasi 4 juta ton.

”Secara nasional, permintaan semen tahun ini diperkirakan hanya berkisar 6%-8% sesudah pada 2011 mengalami peningkatan tajam, tapi penjualan kami di Jatim tahun ini ditargetkan naik 10% menjadi 4,4 juta ton,” ujarnya di sela-sela acara Gebyar Loyalitas Pelanggan 2012 Semen Gresik, hari ini (12/02).

Pemberian apresiasi yang dilakukan Semen Gresik itu ditujukan distributor dan retailer BUMN tersebut di area I yang mencakup Kab. Gresik, Kota Surabaya dan Kab. Sidoarjo. Daya serap di area I merupakan terbesar dibandingkan 5 area lainnya di Jawa Timur.

Erizal menambahkan pengguna terbesar produk semen di Jawa Timur terutama sektor ritel yakni pembangunan rumah hunian maupun bangunan lain yang dilakukan perorangan.

Selain itu, pembangunan real estat, gedung bertingkat dan infrastruktur juga menjadi penyerap semen yang potensial.

”Kami optimistis berbagai sektor tersebut di Jawa Timur tahun ini masih terus berkembang, karena banyak diluncurkan proyek baru yang membutuhkan semen,” paparnya.

Guna mendukung peningkatan penjualan produk semen di 6 area di Jawa Timur, Semen Gresik tahun ini disebutkan menyiapkan penambahan armada angkutan dengan menggandeng mitra bisnis. (k22/Bsi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar